billfath.ac.id
  • 08 Apr 2019 14:45

Berdasarkan website Kemenristekdikti LLDIKTI Wilayah VII tertanggal 27 Februari 2019, akan menyelenggarakan kembali Lomba Debat Berbahasa Inggris, National University Debating Championship (NUDC) pada tanggal 23-25 April 2019. Untuk itu Universitas Billfath berusaha mengikuti kompetisi tersebut dengan persiapan sebaik-baiknya.

Universitas Billfath mengikuti seleksi NUDC dengan mengirimkan 1 (satu) tim terbaik NUDC yang terdiri atas 2 (dua) mahasiswa sebagai Debater dan 1 (satu) Adjudicator. Tim ini akan mengiuti seleksi tingkat rayon yang diadakan di tiga tempat di jawa timur, yaitu malang, surabaya, dan kediri. Seleksi tingkat rayon yang diikuti Universitas Billfath bertempat di kediri, tepatnya di STIKES STRADA (Surya Mitra Husada) yang di selenggarakan pada tanggal 29-30 Maret 2019. Selanjutnya yang lolos adalah perwakilan dari peserta hasil pemenang seleksi tingkat rayon  yang akan diikuti total 40 Tim NUDC (120 orang).

Pada hari pertama seleksi pada tanggal 29 Maret, seleksi terdapat dalam 3 sesi dengan 24 tim dibagi menjadi 6 kelompok. Kelompok ini berisi 2 tim Goverment dan 2 tim Oposisi. Dalam 3 sesi tersebut Tim Billfath mampu meraih posisi akhir 13 dari 24 peserta Akhirnya tim dari Universitas Billfath berhasil menembus sampai ke 16 besar.

Pada babak 16 besar yang diselenggarakan pada tanggal 30 Maret, tim Universitas Billfath gagal bersaing dengan Tim dari Univsitas Swasta lainnya. Namun apresiasi setinggi-tingginya patut diberikan karena sebagai tim kuda hitam, sudah mampu melangkah sampai 16 besar. Harapan di tahun depan 2020 adalah mampu meraih hasil yang lebih baik dari pada tahun ini.