billfath.ac.id
  • 15 Apr 2019 15:05

Universitas Billfath untuk pertama kali mengirimkan tim yang mengikuti KDMI tingkat rayon di lingkungan LLDIKTI Wilayah 7 Jawa Timur. Kompetisi tersebut dilaksanakan pada 13 April 2018 di Universitas Muhammadiyah Gresik, sebagai host rayon III. Tim terdiri dari tiga pendebat, Nasrul Hidayat (Prodi Bahasa Indonesia), Indah Arifianti (Prodi Hukum), dan Intan Latifah (Prodi Bahasa Indonesia), serta satu orang juri institusi yaitu Esa Ramadhan (Prodi Bahasa Inggris).

Kompetisi diawali dengan tiga ronde dalam babak pra-eliminasi. Ronde pertama tim Billfath dipertemukan dengan tim dari Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu), ronde kedua dipertemukan dengan tim dari STKIP PGRI Sampang, sedangkan ronde ketiga tim dipertemukan dengan tim dari STIKES Anwar Medika. Dari babak pra-eliminasi, tim Billfath memperoleh satu kemenangan dengan skor total 755.00. Jumlah kemenangan dan skor tersebut membuat Billfath menempati peringkat 15 dari 24 peserta dan layak maju ke babak oktofinal/16 besar.

Di babak octofinal, tim Billfath bertemu dengan tim dari Universitas Hang Tuah. Ketangguhan argumen tim lawan memaksa tim Billfath tereliminasi dan berhenti hanya sampai babak ini. Meskipun tidak mampu melanjutkan kompetisi, namun hasil yang diperoleh merupakan pencapaian yang baik dan tercatat dalam sejarah Universitas Billfath, mengingat ini adalah keikutsertaan perdana. “Kami mendapat banyak pelajaran sehingga apa yang didapat tersebut akan kami evaluasi dan dijadikan bahan penyusunan strategi untuk kompetisi-kompetisi mahasiswa di tahun-tahun mendatang,” ucap Bu Philin Yolanda, sebagai dosen koordinator kompetisi mahasiswa. “Bagi mahasiswa aktif maupun calon mahasiswa agar mempersiapkan diri sesuai bakat dan minatnya, untuk mengikuti banyak kompetisi mahasiswa yang terdiri dari PKM, NUDC, KDMI, Mawapres, Robotika, dan lainnya,” tambahnya. (jhl/fibillfath)