billfath.ac.id

Anggota UKM Pramuka Universitas Billfath Bersama Pembina

  • 05 Nov 2019 17:25

Pramuka Gugusdepan Lamongan 07.137-07.138 yang berpangkalan di Universitas Billfath telah melaksanakan giat Penerimaan dan Pengukuhan Anggota Baru. Kegiatan tersebut berlangsung secara dalam ruang dan luar ruang pada tanggal 2 s.d. 3 November 2019. Kegiatan diikuti oleh 9 peserta dari berbagai prodi yang ada di Universitas Billfath.

Rangkaian kegiatan dalam ruang pada hari pertama adalah Penerimaan Tamu Racana (Patra) yang disusul dengan kegiatan Orientasi Pendidikan Kepramukaan. Acara tersebut dibuka oleh Kakak H. Muhammad Wahib, S.Si., M.MPd. sebagai anggota Majelis Pembimbing Gugus Depan dan dihadiri oleh Kakak Jhelang Annovasho, S.Pd., M.Si. sebagai Pembina Gugusdepan serta Kakak Sugeng Waluyo sebagai Pembina satuan.

Dalam sambutannya, Kakak M. Wahib berpesan mengenai pentingnya Gerakan Pramuka yang diwujudkan dalam UKM Pramuka dalam perkembangan Universitas Billfath ke depan. Tak lupa beliau menjelaskan mengenai peran strategis Gerakan Pramuka untuk mengembangkan karakter positif generasi yang akan datang. Materi yang diberikan dalam orientasi pendidikan kepramukaan meliputi keorganisasian, pramuka pandega, racana serta adat racana.

Sementara rangkaian kegiatan luar ruang untuk hari kedua adalah pengembaraan. Jalur yang digunakan mulai dari Universitas Billfath, Siman, dukuh Widang desa Karang, Porodeso, Gumantuk, Sekaran, Dempel, hingga Pangean. Penugasan kepada peserta diberikan di setiap pos pemberhentian. Kemudian ketika semua peserta sampai di Pos Ramil Maduran desa Dempel, dibantu personil dari Koramil Sekaran, dilaksanakan giat PBB. Pengembaraan dilanjutkan hingga pengukuhan di dasar Bengawan Solo yang memasuki musim penghujan. Tepat pada pukul 14.30, anggota baru dikukuhkan oleh Pembina Gudep. Dalam amanatnya Pembina Gudep berpesan agar setiap pramuka memberi manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat tempatnya berada seperti yang dilakukan Bengawan Solo selama berabad-abad. (jhl/fibillfath)