billfath.ac.id
  • 03 Jan 2020 07:10

LAMONGAN, RadarBangsa.co.id – Setiap kampus atau perguruan tinggi, tentu memiliki cara dan kebijakan untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman mahasiswanya. Selain memberikan pelajaran di kelas, salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan melakukan kunjungan ke lapangan atau melakukan kerjasama dengan lembaga atau pihak terkait. Hal itulah yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan Hukum Universitas Bilfath.

Di dampingi Fuad Hasyim, Dosen Jurusan Ilmu Hukum Universitas Billfath sebanyak 25 mahasiswa, berkunjung ke KPU Lamongan. Kepada Wartawan Radarbangsa, Ali Fuad Hasyim selaku dosen pembimbing menyampaikan
“Tujuan kami agar mahasiswa kami memiliki pengalaman di lapangan, terutama dalam penataan kepemiluan, politik dan demokrasi di Indonesia. Ini juga merupakan satu bentuk Tridharma perguruan tinggi. Kami juga menawarkan beberapa bentuk kerjasama dengan KPU” ujar dosen lulusan S2 Ubhara-Surabaya pada Senin (30/12).

Ali Fuad Hasyim kemudian memerinci rencana jangka panjang Fakultas Hukum universitas BillFath dengan KPU Lamongan yang cakup beberapa hal : 1. Pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; 2. Pemanfaatan sarana dan sumber daya yang ada; 3. Pelaksanaan magang mahasiswa; 4. Pengembangan dan penyebarluasan informasi tentang kepemiluan; 5. Penyebarluasan informasi tentang PPID KPU Kab. Lamongan; 6. Penyebarluasan informasi tentang “Rumah Pintar Pemilu Mbah Lamong”; 7. Penyebarluasan informasi tentang agenda Pemilu Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lamongan tahun 2020; 8. Kegiatan-kegiatan lain yang disepakati secara bersama-sama.

“Kedepan kerjasama ini dapat diwujudkan dalam bentuk Memorendum of Understanding (MoU) baik dengan Fakultas Hukum maupun Universitas Billfath, sehingga mahasiswa dapat belajar banyak dan melakuan penelitian atau studi tentang kepemiluan berdasarkan ketentuan perundangan” sambung dosen sekaligus ketua PAC. GP ANSOR Kec. Laren-Lamongan itu.

Gayung bersambut, Makrus Ali, Ketua KPU. Lamongan menerima baik gagasan tersebut. Dia juga berharap kepada seluruh civitas akademika Universitas Billfath Lamongan dapat berperan aktif dan ikut serta mensukseskan agenda Pemilu Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lamongan Tahun 2020.

“Tentu saja Kami senang dengan ikhtiar ini. Kami juga ingin menyebarkan informasi bahwa KPU memiliki fasilitas RPP Graha Pemilu Mbah Lamong, PPID dan web-site yang bisa diakses oleh pihak-pihak yang berkepentingan /stake holder terkait setiap saat”

Kunjungan Mahasiswa Fakultas Hukum dimulai sekitar pukul 13:00 WIB. Setelah diberikan pengarahan oleh Khoirul Anam selaku Komisioner KPU Lamongan. Para peserta menikmati fasilitas yang diberikan RPP Graha Pemilu Mbah Lamong, mulai dari pemutaran film dokumenter Pemilu di Indonesia, ular tangga demokrasi, simulasi Pemilu dan fasilitas lain.
Usai melakukan kunjungan dan berdialog langsung dengan pihak KPU Aris, salah satu mahasiswa mengungkapkan.

“RPP Graha pemilu Mbah Lamong ini sangat cocok bagi generasi millenial. Saya sendiri baru tahu kalau KPU telah banyak memberikan beberapa aplikasi untuk memudahkan dalam mengakses segala informasi mengenai partai politik, kampanye, dan pemilu. Ini bisa meningkatkan kesadaran akan keikutsertaan kami mengikuti Pemilu untuk perbaikan Lamongan ke depan” Harap mahasiswa semester tiga jurusan Ilmu Hukum itu.

Setelah melakukan foto bersama, sekitar pukul 16:00 WIB kunjungan diakhiri. RPP Graha Pemilu Mbah Lamong sebagai salah satu wahana edukatif pemilu KPU menerima kunjungan setiap hari kerja. Senin-Kamis mulai pukul 08:00-16:00. Jum’at pukul 08:00-16:30 (JK)