billfath.ac.id
  • 06 Feb 2020 15:05

Untuk menindaklanjuti kerjasama dua perguruan tinggi di Yayasan Pondok Pesantren Al Fattah, Universitas Billfath dan STIT Al Fattah berkolaborasi mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan Tridharma perguruan tinggi, yaitu Workshop Metodologi Penelitian Kualitatif Lanjutan. Kegiatan ini diikuti oleh dosen STIT Al Fattah, dosen Fakultas Keguran dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Billfath, dosen Fakultas Hukum (FH) Universitas Billfath, dan perwakilan bapak/ibu guru di masing-masing unit Yayasan Pondok Pesantren Al Fattah. Workshop yang diikuti oleh 41 peserta ini bertempat di Aula STIT Al Fattah dan kegiatan dimulai pukul 09.30 hingga 16.45 WIB.

Workshop yang dilaksanakan pada hari Sabtu 1 Februari 2020 bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dosen dalam bidang riset. Kegiatan workshop ini mendatangkan narasumber, yaitu Dr. Moh. Asror Yusuf, M.Ag. dari IAIN Kediri. Narasumber yang merupakan alumni dari Yayasan Ponpes Al Fattah ini memaparkan proses penyusunan proposal mulai penemuan masalah dalam penelitian kualitatif hingga proses publikasi ilmiah. Para peserta terlibat aktif dalam kegiatan ini.

 

Setelah pemaparan materi, dilanjut kegiatan klinik proposal. Dalam kesempatan itu, 9 proposal penelitian telah disiapkan oleh bapak/ibu dosen Universitas Billfath. 9 proposal tersebut merupakan proposal yang lolos pendanaan hibah penelitian dosen pemula (PDP) tahun 2020 dari jumlah total 20 proposal dari Universitas Billfath yang lolos. Selain 9 proposal dari Universitas Billfath, bapak/ibu dosen STIT Al Fattah juga menyiapkan 2 proposal penelitian.

Kegiatan ditutup dengan penyampaian rancangan penelitian dari salah satu dosen Universitas Billfath, yaitu Bapak Khumaidi Abdillah, M.Pd. Proposal dengan topik Kesantunan Berbahasa yang merupakan kajian Pragmatik tersebut mendapatkan tanggapan, masukan, saran dari peserta dan juga pemateri.

Kegiatan workshop yang dimotori oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Billfath dan Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STIT Al Fattah diharapkan mampu memberikan bekal dalam pelaksanaan riset yang akan dilakukan oleh bapak/ibu dosen di kedua perguruan tinggi. Hal ini berkaitan dengan Tridharma perguruan tinggi, yaitu melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga berkaitan dengan visi Universitas Billfath, yaitu “Menjadi Universitas Terkemuka dalam Riset Terapan yang Dijiwai dengan Nilai Keislaman, Keindonesiaan, dan Kepesantrenan”.