billfath.ac.id
  • 10 Mar 2020 14:30

Dalam rangka meningkatan jumlah karya tulis ilmiah dosen dan pendidik, utamanya yang berbentuk buku, LPPM Universitas Billfath bekerjasama dengan P2M STIT Al-Fattah telah melaksanakan kegiatan Workshop Penulisan Buku Ajar. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 9 s.d. 10 Maret 2020 ini diikuti oleh dosen Universitas Billfath, dosen STIT Al-Fattah, pendidik di lingkungan YPP Al-Fattah, serta peserta dari luar yayasan yang ingin memperoleh ilmu penulisan buku ajar. Acara bertempat di Aula STIT Al-Fattah, Desa Siman, Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan.

Kegiatan ini disambut dengan antusias oleh peserta. Sejak seminggu sebelumnya, 'google form' yang disebarkan sebagai sarana pendaftaran cukup direspon positif dan cepat. “Ini menunjukkan bahwa kegiatan-kegiatan ilmiah begini harus dipopulerkan di lingkungan YPPF”, kata Sukiyanto, M.Pd. sebagai ketua panitia kegiatan. Para peserta mengikuti penyampaian materi dengan serius. Beberapa Peserta bahkan sudah ada yang menyiapkan Draft Buku ajar agar dapat dibukukan dan diterbitkan di kemudian hari. Beberapa kendala dalam penulisan dibahas dengan gayeng dan semarak sehingga peserta merasa mendapatkan banyak amunisi dan semangat dalam menyelesaikan penulisan buku ajar yang dimiliknya.

Dalam rangka pengembangan profesionalisme dosen dan pendidik di bidang penulisan, kegiatan ini dinilai positif oleh Direktur Pendidikan YPP Al-Fattah. Gus Hamid, sapaan akrabnya, berpesan agar dari kegiatan ini, dihasilkan persenyawaan ilmu pengetahuan dalam perspektif barat dan islam, sehingga tecipta harmoni ilmu pengetahuan yang dapat disajikan kepada Mahasiswa dan siswa. “Kegiatan ini merupakan Pilot Project di tahun 2020 dan akan dikawal terus menerus sehingga menghasilkan produk-produk tulisan yang dapat digunakan dan disebarkan ke masyarakat”, pungkasnya.

 

Ketua STIT Al-Fattah, H. Nur Zaini, M.S.I. dalam sambutannya menyampaikan: ”STITAF dan BILLFATH harus berbenah. Dengan membekali sebanyak mungkin kegiatan-kegiatan Ilmiah yang dapat menopang profesionalisme Dosen, terutama dalam hal Penulisan Ilmiah. “Kegiatan ini harus menjadi Triger bagi Bapak-Ibu Dosen untuk selalu menulis, apapun yang bisa ditulis. Sehingga 3 tahun ke depan, kampus kita sudah memiliki buku-buku yang layak dibaca bagi mahasiswa dan siswa sebagai wujud pembangunan iklim akademis yang baik”, ujarnya.

Selain itu, “dengan menulis, kewajiban Dosen dalam salahsatu tugas pokoknya dalam Tri-dharma Perguruan Tinggi dapat terwujud, yakni menulis buku”, pungkasnya.

Kegiatan Pembukaan workshop ini diakhiri dengan penandatanganan Mou antara STIT Al-Fattah dan Universitas Billfath dengan Penerbit YPSIM untuk penerbitan Buku teks dan buku ajar, sehingga proses penerbitan buku yang dihasilkan oleh para dosen dan pendidik dapat berjalan lancar. Kegiatan ini juga menjadi sarana mewujudkan kerjasama yang berkelanjutan antara Universitas Billfath dengan STIT Al-Fattah sebagai PT yang bernaung di dalam YPP Al-Fattah, Siman. (MA, jhl)