billfath.ac.id
  • 17 Jan 2021 21:25

Dalam rangka Satu Dekade Teater Ginyo Lamongan yang dilaksanakan di Paciran, berbagai penampilan disuguhkan selama acara pembukaan. Mulai Pembacaan Puisi, musikalisasi Puisi, Tari, dan juga Monolog. Acara ini menghadirkan Penyair terkemuka dari Solo, Sosiawan Leak dan Penyair dari Nganjuk Agus R Subagyo. Dalam acara pembukaan yang dihadiri oleh beberapa perwakilan dari kampus dan sekolah itu, mereka diminta untuk menyumbang satu penampilan. Kegiatan ini sengaja menggandeng dari kalangan mahasiswa dan pelajar guna menumbuhkan dan mengembangkan kreatifitas seni (Sastra) di kalangan mahasiswa dan pelajar. Sebagai ruang kreasi bersama, Komunitas Teater Ginyo Lamongan menggandeng beberapa komunitas Teater kampus di Lamongan termasuk UKM Teater Klaras Indonesia.


Selain itu, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan Pelatihan Cipta Puisi bagi Pelajar dan Mahasiswa dengan peserta terbatas yang nantinya diharapkan akan diterbitkan dalam bentuk buku Antologi Puisi. Pelatihan yang dimentori oleh Agus R. Subagyo (Penyair asal Nganjuk) ini dimulai sejak pagi hingga siang. Para peserta diajak untuk mengobservasi situasi dan pengalaman hidup masing-masing untuk kemudian digunakan sebagai bahan menulis puisi. Beragam teori dan teknik penulisan/cipta puisi diberikan secara lugas yang menjadikan peserta semakin bersemangat. Kegiatan tersebut berlangsung dengan cukup gayeng hingga di akhir kegiatan. Hasil karya peserta yang dianggap layak akan dibukukan.


Selanjutnya Bedah Buku Antologi Puisi Karya Sosiawan Leak juga menjadi daya tarik tersendiri. Para Peserta antusias mengikuti diskusi dengan mengajukan beragam pertanyaan sehingga terasa menggairahkan nalar dan pikir para peserta. Acara yang berlangsung di pinggir laut Pantura Lamongan itu semakin semarak oleh keriuhan pelajar dan mahasiswa terutama dari UKM Teater Klaras Indonesia. “ini untuk menumbuhkan dan semangat dalam proses kreatif menulis sastra terutama Puisi di Lamongan” kata Ketua Panitia Lukman Tohek ketika diwawancarai. “Kegiatan ini merupakan wujud komitmen kami dari Komunitas Teater Ginyo Lamongan untuk menebarkan ke para pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Lamongan agar lebih mengenal dan mencintai karya sastra, pula mereka mau dan bisa menulis, terutama sastra” kata Pembina UKM Teater Klaras dan juga salah satu Pendiri Teater Ginyo itu.


Proses kreatif kepenulisan merupakan fase kebebasan paling substil bagi setiap individu yang sedang dan akan merefleksi situasi dan keadaan yang dialaminya. seperti yang dinyatakan oleh Sosiawan Leak, di masa Pandemi ini, bagaimana alam mengajak dan mengajarkan agar kita tidak menjadi manusia yang "kemaruk". Hal ini muncul dalam kumpulan puisi yang beliau tulis selama tahun 2020 dalam buku " Rumah-Mu tumbuh di Hati Kami".


“Kegiatan seperti ini merupakan stimulan bagi kami dalam mengembangkan dan mengisi kegiatan di UKM kami” kata Nawang selaku Ketua UKM Teater klaras Indonesia. Selama mengikuti kegiatan tersebut para peserta mendapatkan banyak pengalaman, selain juga bisa berkenalan dengan penyair-penyair di kabupaten lamongan dan Penyair terkenal di Indonesia seperti Sosiawan Leak.
Para peserta antusias mengikuti pelatihan hingga dilanjut bedah buku Antologi Puisi karya Sosiawan Leak dan Sarasehan mengenai proses kreatif. Sebagai salah satu sastrawan terkemuka di Indonesia, Leak sengaja dihadirkan untuk berbagi spirit ber-sastra di kalangan remaja. “Tulislah apa saja yang ada di hadapanmu. Jangan ditunda-tunda apalagi direncanakan” tuturnya pada acara sarasehan tersebut. Karya Puisi yang dibedah merupakan salah satu karya transenden yang dihasilkan oleh Leak. “Proses kreatif kepenulisan merupakan fase kebebasan paling substil bagi setiap individu yang sedang dan akan merefleksi situasi dan keadaan yang dialaminya” imbuh Leak.


Di kegiatan ini, Mahasiswa dari Stitaf dan Universitas Billfath juga turut berpartisipasi sebagai peserta. Ada sejumlah mahasiswa yang terlibat dan aktif mengikuti setiap materi yang dipaparkan oleh mentor. Mereka sangat antusias mengikuti pelatihan ini.. Kegiatan ini termasuk salah satu program pengembangan SDM di internal UKM Teater Klaras Indonesia dengan memberikan bekal teoritis dan praktis di bidang kepenulisan sastra bagi anggota UKM Teater. Kegiatan selanjutnya adalah penulisan Naskah Drama/Teater yang akan dilaksanakan di bulan Maret 2021. (ma)