billfath.ac.id

Wokshop Pengisian BKD dan SISTER. Media Center Billfath

  • 17 Mar 2022 16:00

Billfath.ac.id, LAMONGAN – Dosen Universitas Universitas Billfath Lamongan wajib menginput laporan Beban Kerja Dosen (BKD) melalui aplikasi SISTER. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas dosen dalam melaporkan BKD terkait kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi.

    Dengan tujuan agar semua Dosen Universitas Billfath mahir dalam penginputan laporan BKD melalui aplikasi SISTER, maka para dosen  dibekali dengan Workshop teknis input data yang digelar di Aula Sekolah Tinggi Ilmu tarbiyah Al-Fattah (STITAF), pada Kamis (10/03/2022) pukul 08.00-12.00 WIB.

     Workshop ini diselenggarakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang dihadiri oleh 50 peserta Dosen dari berbagai program studi. Narasumber pada kegiatan ini yakni Krisna Kharisma,M.Pd yang menjabat sebagai Dekan FKIP dan Ika Farida Yuliana,M.Pd dosen Pendidikan Kimia.

        Pelaporan BKD dilaksanakan untuk memberikan informasi terkait kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pelaporan itu meliputi pelaksanaan pengajaran, pelaksanaan penelitian, pelaksanaan pengabdian masyarakat, serta pelaksanaan penunjang.

     “Saya harap semua bidang Tri Dharma ini wajib dilaporkan melalui Aplikasi sister Universitas Billfath Lamongan setiap semesternya,” ujar Kholid Novianto,S.S.,M.M selaku Rektor Universitas Billfath dalam sambutan pembukaan Workshop tersebut.

       Biasanya dosen melaporkan BKD pada awal semester dengan istilah RKD (Rencana Kinerja Dosen). “Untuk pelaporan BKD semester gasal 2021/2022 pengisian RKD dan dan LKD dilaksanakan pada Maret 2022,” terang Krisna Kharisma,M.Pd.

     Ia pun menekankan kepada para Dosen Universitas Billfath, perlunya menyiapkan dokumen terkait input kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi ini sebanyak lima bidang yakni pengajaran, penelitian, pelaksanaan pengabdian, dan penunjang.

       Dalam sesi selanjutnya, Ika Farida Yuliana,M.Pd memaparkan pelaporan BKD dosen melalui aplikasi Sister mulai semester gasal 2021/2022. Semua kegiatan Tri Dharma harus sesuai PO (Pedoman Operasional) BKD 2021 dengan indikator warna biru. Jika kegiatan Tri Dharma berwarna merah, maka tidak bisa dilakukan penarikan data. Terakhir dalam Workshop ini para dosen diminta melakukan praktek pengisian BKD pada Aplikasi SISTER secara langsung dan bersamaan.

 

Penulis: Devi Fitriani